Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas

Depresi dan gangguan suasana hati Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pekerja shift lebih cenderung mengalami gejala depresi dan gangguan suasana hati lainnya. Hormon leptin yang mengatur nafsu makan, sehingga membuat Anda merasa kenyang.

Dalam pemilihan obat hipoglikemik oral untuk diabetes melitus tipe 2 gemuk selalu harus diperhatikan efek samping meningkatnya kadar insulin plasma, dan bertambahnya berat badan. Dua analisis data dari berbagai penelitian menemukan bahwa kerja malam meningkatkan risiko kanker payudara hingga 50 persen.

Diabetes Care ; Tetapi, para buruh yang bekerja pada siang hari juga tak sedikit dan seringkali tidak memperhatikan porsi serta kandungan gizi dan nutrisi makanan.

Diabetes dan Obesitas (Kegemukan)

Diduga bahwa asam lemak bebas yang tinggi akan mengakibatkan terjadinya deposit trigliserid berlebihan pada sel beta pankreas, dan akan menyebabkan terjadinya kerusakan sel beta pankreas. Jaringan lemak mempunyai dua fungsi yaitu sebagai tempat penyimpanan lemak dalam bentuk trigliserid, dan sebagai organ endokrin.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hubungan lemak visceral dan resistensi insulin hanya terjadi pada keadaan dimana jaringan lemak visceral berlebihan seperti pada penderita obes.

Untuk meningkatkan ambilan glukosa, sel otot membutuhkan lebih banyak insulin agar glukosa dapat masuk ke dalam sel otot, atau dengan kata lain akan terjadi resistensi insulin B.

Pada jaringan adiposa tikus percobaan dan manusia, TNF-Alfa diekspresikan secara berlebihan sehingga mengganggu insulin signaling yang akibatnya fosforilasi IRS-1 terhambat dan menekan ekspresi glucose transporter GLUT Karena kerja shift tampaknya menurunkan tingkat leptin, sehingga pekerja shift sering merasa lapar.

Berbagai Risiko Masalah Kesehatan yang Dihadapi Pekerja Shift Malam

Penatalasanaan non-farmakologik Penatalaksanaan non farmakologik memang menjadi tujuan utama pada diabetes melitus gemuk, sayangnya terapi non-farmakologik tidak selalu berhasil, bahkan lebih sering gagal.

Semakin besar indeks massa tubuh IMT semakin besar risiko menderita diabetes melitus tipe 2. Peran leptin terhadap terjadinya resistensi insulin belum jelas. Pada umumnya penderita diabetes melitus dengan keluhan khas yang datang ke klinik sudah ditemukan baik resistensi insulin maupun defek sel beta pankreas.

Kerja shift malam tentu akan mengubah rutinitas Anda. Obesitas Ada beberapa kemungkinan alasan untuk hubungan antara obesitas dan kerja shift.

Buruh yang Obesitas Lebih Sering Absen Bekerja

Dahulu obesitas cenderung dialami oleh orang dewasa tua, namun sekarang orang muda yang mengalami obesitas cenderung meningkat jumlahnya. Kondisi ini disebut resistensi insulin insulin resistance.

The hormone resistin links obesity to diabetes. Diabetes dan gangguan metabolik Kerja shift menjadi faktor risiko dari diabetes. Berita baiknya, obesitas dan diabetes sangat mungkin untuk dicegah.

Pada gambar 2 diperlihatkan hubungan jaringan lemak dengan kejadian resistensi insulin. Pada umumnya para ahli sepakat bahwa diabetes melitus tipe 2 dimulai dengan adanya resistensi insulin, kemudian menyusul berkurangnya pelepasan insulin.

Management of the obese diabetic subjects. Baca Juga: Selain itu, kerja shift juga dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal dan prostat. Setuju kerja shift malam artinya Anda harus mau dan bisa tetap terjaga sepanjang malam.Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer.

Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral.

Hasil pemeriksaan dengan CT-scan perut memperlihatkan bahwa lemak visceral sangat berperan terhadap terjadinya resistensi insulin. Walaupun lemak visceral. Masalah obesitas ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan para pekerja shift malam, termasuk kaum buruh, yang selalu makan secara berlebihan agar tetap terjaga pada malam hari, bahkan dengan makanan yang tidak sehat.

Jurnal Doc : skripsi hubungan lansia dengan hipertensi pdf

Orang yang memiliki BMI antara 25 samapi 29,9 disebut kelebihan berat badan, sedangkan orang dengan BMI lebih dari 30 disebut obesitas.

Salah satu resiko yang dihadapi oleh orang yang obesitas adalah penyakit diabetes tipe 2. Untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan gejala Excessive Daytime Sleepiness (EDS).

Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk: justgohostelbraga.com: Skripsi.

· PENDAHULUAN Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia. Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2. Tidak ada hubungan antara asupan energi (p = 0,) dan protein (p = 0,) dengan status gizi.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi adalah aktivitas fisik dan pola makan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan adanya peningkatan aktivitas fisik di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Untuk para pegawai, disarankan untuk lebih memperhatikan asupan zat gizi dalam rangka memenuhi .

Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas
Rated 4/5 based on 85 review