Penimbangan berat badan dan pengukuran performans ternak

Jadi, ayam afkir tidak masuk ke dalam perhitungan ini. Pada perusahaan peternakan yang mempunyai populasi ternak banyak tidak menjadi masalah untuk membeli timbangan ternak. Hal ini karena dewasa kelamin terjadi sebelum dewasa tubuh tercapai.

Lingkar skrotum. Penafsiran berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak. Persiapan 1. Rumus itu sebagai berikut: Rumus Scheiffer mengadopsi rumus tabung, dengan menampilkan formula sebagai berikut: Untuk mempermudah manajeman dan perawatan ternak.

Ukuran Panjang: Bobot badan sapi maupun ternak lainnya akan dapat diketahui dengan tepat, apabila sapi itu ditimbang dengan menggunakan timbangan sapi. Tinggi pangkal ekor ialah jarak tegak lurus dari titik pangkal ekor, sampai ke tanah.

Umur kerbau betina pada konsepsi pertama berbeda-beda tergantung pada manajemen pemeliharaan, penggunaan pakan, dan genetik. Pertumbuhan penduduk dan gaya hidup yang terus meningkat memiliki korelasi positif terhadap peningkatan konsumsi daging.

Lingkar dada bisa dihitung dengan cara melingkarkan seutas tali di belakang gumba melalui belakang belikat. Timbunan lemak itu dapat menurunkan elastisitas saluran reproduksi sehingga saat pelepasan telur terjadi kontraksi saluran reproduksi posisi saluran reproduksi tidak bisa kembali seperti semula atau tidak bisa masuk kembali.

Dalam hal ini, lingkar dada hewan dapat diasumsikan sebagai luas alas bangun lingkaran dan panjang badan sebagai tinggi. Pertumbuhan daging dapat terjadi setiap saat sampai ayam mati dan sama halnya juga dengan pertumbuhan bulu.

Anak kerbau disapih pada umur 60 — 90 hari dengan cara pemberian susu sedikit demi sedikit sebelum umur tersebut. Dalam dada. Faktor efisiensi waktu dan tingkat stres ayam menjadi hal yang penting. Selain yang telah disebutkan alat- alatnya, dapat juga digunakan tongkat ukur, jangka sorong atau caliper.

Perbedaan dalam penghitungan bobot badan ternak merupakan hal yang wajar. Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.

Tenaga kerbau ini dimanfaatkan sebagai usaha sampingan dari mata pencaharian utama peternak.

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Hal ini dapat diartikan bahwa ketertinggalan pertumbuhan tulang sebelum umur 12 minggu masih relatif bisa dikejar meskipun dengan biaya yang relatif besar.

Hasil tersebut kemudian di buat rata-rata. Salah satu program kontrol berat badan adalah: Perkembangan kerangka yang optimal dapat kita lihat dari panjang kaki tulang shank maupun lebar tulang selangka os pubis.

Jumlah sampel yang bisa mewakili teknik ini minimal ekor. Cara penafsiran yang merupakan cara untuk mengetahui berat badan ternak adalah penimbangan.

Selain itu, kerbau dapat digunakan sebagai sumber tenaga pembajak areal persawahan. Panjang kemudi; panjang kelangkang; panjang pelvis, jarak antara tuber coxae dan tuber ischii pada sisi sama. Sapi dengan skor tubuh 4telah mencapai tingkat gemuk sehingga penambahan berat badan selanjutnya akan menjadi mahal dan tidak menguntungkan Nguntoronadi, Kerbau rawa memiliki lama bunting berkisar antara hari.

Bobot badan BB rata-rata Rumus ini digunakan untuk mengukur berat badan baik saat kontrol berat badan maupun saat panen.

PERTUMBUHAN BERAT BADAN YANG OPTIMAL PADA AYAM PETELUR/ LAYER

Kegiatan ini dilakukan pada waktu yang sama tiap minggunya misalnya Senin pagi ketika kondisi tembolok kosong. Lokasi Kelompok a. Jumlah dan distribusi tempat ransum dan tempat minum Kepadatan ayam di dalam kandang Kualitas dan kuantitas ransum.

Sebaiknya gunakan timbangan yang memiliki sensitivitas lebih tinggi agar berat badan ayam perindividu dapat lebih teliti diamati. Keluaran Keluaran dari kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok Pembibitan Sapi Potong, Meningkatkan produktivitas sapi potong dan tuumbuhnya wilayah sumber bibit sapi potong.

Pakan yang berkualitas dan dalam jumlah yang optimal akan berpengaruh baik terhadap kualitas daging. Lingkaran yang diukur pada dada serta merta atau persis dibelakang siku, tegak lurus dengan sumbu tubuh.Gudel dibiarkan bersama induknya sampai umur lepas sapih; pemberian kolustrum dan susu atau bahan cair lain sebanyak 10% dari berat badan; penimbangan berat badan, dan pengukuran tinggi gumba, lingkar dada, panjang badan, dan tinggi pinggul dilakukan pada saat lahir dan disapih.5/5.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.(Hasnudi. ). Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penimbangan berat badan adalah: Jumlah ayam yang ditimbang % dari total populasi.

PENIMBANGAN BERAT BADAN DAN PENGUKURAN TINGGI / PANJANG BADAN

Usahakan ayam yang ditimbang selalu sama setiap penimbangan. pendugaan berat badan ternak dengan bermacam rumus Ukuran-ukuran linear tubuh merupakan suatu ukuran dari bagian tubuh ternak yang pertambahannya satu sama lain saling berhubungan secara linear.

Kadarsih () menyatakan bahwa ukuran linear tubuh yang dapat dipakai dalam memprediksi produktivitas sapi antara lain panjang badan, tinggi badan, lingkar justgohostelbraga.com: Yena.

· Penimbangan berat badan dapat dilakukan secara rutin tiap minggu dan saat panen. Penimbangan rutin tiap minggu dinamakan pula kontrol berat badan. Teknik kontrol badan tersebut ialah mengambil sampel 50– ekor tiap kandang secara merata di setiap bagian kandang.

Kontrol berat badan merupakan metode penimbangan individu yang berarti seekor ayam ditimbang untuk berat. Pertambahan bobot badan ini menjadi makin penting bagi usaha penggemukan sapi, kerbau, domba, dan kambing, karena peternak mengharapkan ternak yang dipeliharanya dapat gemuk dalam waktu cepat sesuai dengan permintaan pasar sehingga terjadi efisiensi produksi dan biaya.

Penimbangan berat badan dan pengukuran performans ternak
Rated 4/5 based on 13 review